Selamat datang di STEI Kanjeng Sepuh

Berita

Inovasi Jalan Prioritas STEI Kassi Gresik

Orang selama ini mengenal buah Naga merupakan salah satu varian buah yang hanya bisa dimakan secara langsung atau dijadikan sebagai bahan es juice. Dimakan secara langsung karena buah Naga tidak mengandung zat-zat atau kandungan buah yang membahayakan bagi pemakannya, atau buah Naga tidak memerlukan perlakuan atau treatment khusus terlebih dahulu sebelum dimakan, melainkan bisa langsung dimakan, baik lewat diiris atau dibelah dulu buahnya; atau langsung dipecah buahnya dan langsung dimakan. Begitu juga, kita terbiasa menemukan buah Naga dijadikan menu utama atau andalan pada gerai-gerai atau tempat kulineri sop buah; di mana buah Naga dijadikan bahan utama jus, dan terkadang dicampur atau dihiasi dengan susu kental putih maupun coklat, atau dicampur dengan buah lain sebagai bagian dari sopa buah, kemudian langsung dihidangkan tanpa ada proses yang menantang dan menarik pikiran untuk mengetahui lebih dalam lagi proses pembuatannya.

Hal tersebut berbeda dengan jika buah Naga dijadikan sebagai bahan utama makanan khas Gresik, yaitu: Bonggolan. selama ini orang mengenal atau mengetahui bahwa Bonggolan merupakan makanan yang hanya terbuat dari tepung dan ikan saja, namun di tangan para mahasiswa STEI Kanjeng Sepuh Sidayu (STEI kassi) Gresik, Bonggolan enak nan nikmat juga bisa dibuat dari buah Naga. Rasanya pun sangat berbeda dengan Bonggalan yang terbuat dari ikan. Rasa buah Naga pada Bonggalan made in mahasiswa STEI Kassi ini sekarang dalam masa packaging sebelum dilempar ke pasar ramai pada awal April.

Bonggolan dari buah Naga menjadi salah satu penanda utama bahwa inovasi menjadi dasar bagi kemajuan STEI Kassi ke depan, dan menjadi modal utama bagi para mahasiswa STEI Kassi menapaki kehidupan nanti.

 

Yusda (Mahasiswa ES Smstr IV)

 


Bagikan :