Selamat datang di STEI Kanjeng Sepuh

Berita

Manajemen Langit Sebagai Penyeimbang Kinerja di Lembaga Keuangan Syariah

Manajemen langit merupakan manajemen al-Qur’an yang Allah peruntukkan kepada manusia dengan tujuan supaya hidupnya lebih berkualitas dan dapat memberikan manfaat kepada manusia lainnya. Dalam proses perjalanannya manajemen langit terbagi menjadi lima bagian, yaitu tauhid dan keimanan, kesucian dan kebersihan, ketundukkan dan kepasrahan, kemerdekaan dan kelapangan hati, keadilan dan kasih sayang. Adanya manajemen langit ini menjawab dari keinginan sebagian masyarakat bahwa bisnis itu tidak hanya mencari untung tapi juga mencari barokahnya.

Lembaga keuangan syariah seperti KSPPS Mitra Usaha Ideal Jawa Timur segala aktifitasnya menyertakan manajemen langit. Perintis sekaligus sekretaris pengurus yaitu Bapak Drs. H. Moh. Nadib, M. Si., menyampaikan bahwa kegiatan spiritual yang diterapkan di KSPPS Mitra Usaha Ideal yaitu seperti sholat sunnah, berpakaian yang sesuai syariah Islam, pelayanan yang sopan dan amanah dan berdzikir bersama. Hal serupa juga disampaikan oleh Bapak H. M. Ayubi Chozin selaku general manager KSPPS BMT Mandiri Sejahtera bahwa dalam melakukan aktifitas spiritual tersebut, mereka meyakini bahwa manajemen langit dapat membuat sikap, kejujuran serta tanggung jawab seseorang dapat terdidik dengan baik dan hal ini mampu mempengaruhi peningkatan perkembangan lembaga keuangan syariah masing-masing.

Pola manajemen langit bisa menjadi penyaring yang tepat dalam mengelola sumber daya manusia. Sebuah keyakinan akan meningkatkan kualitas kinerja mereka dengan sangat baik. Selain itu, manajemen langit juga menjadi salah satu tombak bagi kemajuan sebuah lembaga keuangan syariah dan mampu bersaing di dunia keuangan.


Bagikan :